Ford Bakal PHK 3.000 Karyawan Demi Strategi Saingi Tesla

Yuliawati
Oleh Yuliawati
23 Agustus 2022, 13:32
Ford, PHK
YouTube
Salah satu mobil Ford.

Produsen mobil, Ford Motor Co, bakal memangkas karyawan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga 3.000 orang terutama di kawasan Amerika Utara dan India. Langkah ini demi bersaing dengan Tesla Inc dalam mengembangkan kendaraan listrik yang digerakkan oleh perangkat lunak.

Chief Executive Ford Jim Farley menganggap perusahaan mereka memiliki terlalu banyak karyawan. Di sisi lain, mereka kekurangan tenaga kerja yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan seiring industri otomotif beralih ke kendaraan listrik dan layanan digital.

Advertisement

"Kami menghilangkan pekerjaan, serta mengatur ulang dan menyederhanakan fungsi di seluruh bisnis," tulis Farley, dikutip dari Reuters, Selasa (23/8).

Farley mengatakan akan Ford akan memaparkan rencana dengan detail pada akhir pekan ini. Kabar ini membuat saham Ford turun 4,8% pada perdagangan tengah hari di tengah penurunan di Wall Street.

Seperti produsen mobil dunia lainnya, Ford memiliki tenaga kerja yang sebagian besar mendukung jajaran produk teknologi pembakaran tradisional. Ke depan, Farley telah memetakan strategi Ford untuk mengembangkan jajaran kendaraan listrik yang luas.

Seperti Tesla, Ford ingin menghasilkan lebih banyak pendapatan melalui layanan yang bergantung pada perangkat lunak dan konektivitas digital.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement