Versi ESDM, Harga Keekonomian Pertalite Rp 17.200, Pertamax Rp 19.900

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Agustus 2022, 16:57
Pertalite, BBM
ANTARA FOTO/Jojon/foc.
Sejumlah pengendara sepeda motor mengantre untuk mendapatkan BBM gratis jenis Pertalite di SPBU Rabam, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (16/8/2022).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat harga keekonomian BBM bersubsidi Pertalite dan Solar masing-masing berada di angka Rp 17.200 per liter dan Rp 17.600 per liter. Harga keekonomian ini lebih tinggi dibandingkan yang pernah diutarakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan terdapat selisih antara harga keekonomian dan harga jual eceran di pom bensin. Selisih  sebesar Rp 9.550 per liter untuk Pertalite dan Rp 12.450 per liter untuk Solar.

Adapun harga keekonomian Pertamax berada di posisi Rp 19.900 per liter atau selisih Rp 7.400 dari harga jual eceran di pom bensin senilai Rp 12.500 per liter. “Harga keekonomian Pertalite Rp 17.200 per liter, kalau Solar CN48 Rp 17.600 per liter, Pertamax Rp 19.900 per liter,” kata Arifin saat ditemui wartawan di Aula Damar Kementerian ESDM pada Jumat (26/8).

Arifin memaparkan tingginya harga keekonomian BBM disebabkan oleh tingginya harga minyak dunia akibat konflik antara dan Rusia dan Ukraina yang menimbulkan krisis energi di Eropa. Permintaan minyak mentah di Eropa bakal naik tajam seiring musim dingin yang kian dekat.

Kondisi ini diperparah oleh sinyal pembatasan produksi dari sejumlah negara pengekspor minyak atau The Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada pertengahan tahun ini. "Konflik Eropa itu bisa menjadi ancaman di luar, merambat ke wilayah lain. Adda juga indikasi pembatasan produksi OPEC," kata Arifin.

Guna mengatasi kelangkaan BBM bersubsidi pada paruh kedua tahun ini, Kementerian akan terus mendukung adanya penambahan kuota Pertalite sekitar 5 juta kilo liter (kl) karena penyerapannya sudah mencapai 81% dari total kuota hingga akhir tahun sebesar 23, 5 juta kl.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...