Suharso Monoarfa Temui Jokowi, Bahas Kisruh PPP dan Proyek IKN

Rizky Alika
12 September 2022, 12:39
PPP, Suharso Monoarfa
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa (kedua kiri) berjabat tangan dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (kiri) sebelum menyerahkan berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 di gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (12/9). Ia menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas sejumlah hal, salah satunya kisruh internal PPP.

"Saya tadi banyak bicara soal itu (PPP) dan soal Ibu Kota Negara (IKN)," kata Suharso di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/9).

Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci pembicaraan dengan Kepala Negara.

Bagaimanapun, Suharso mengatakan ia akan menyelesaikan konflik internal PPP. "Nanti kami selesaikan baik-baik," ujar dia.

Pertemuan dengan Jokowi ini setelah Kementerian Hukum dan HAM telah menerbitkan surat keputusan pengesahan Muhammad Mardiono sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP. Keputusan itu diteken oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pada Jumat (9/10).

Artinya, pemerintah mengakui kepengurusan di bawah Mardiono. Sebaliknya, kubu Suharso tak tinggal diam. Mereka juga menyiapkan surat ke Kemenkumham. Alasannya, Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang menetapkan posisi Mardiono tak sesuai dengan prosedur yang ada di Partai Kakbah.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...