Jejak Dedi Mulyadi, Mewariskan Trah Politik pada Istri Anne Ratna

Yuliawati
Oleh Yuliawati
22 September 2022, 11:45
Politikus Golkar Dedi Mulyadi.
Instagram Dedi Mulyadi
Politikus Golkar Dedi Mulyadi.

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Dedi Mulyadi, menjadi perbincangan di media sosial. Dedi dikabarkan digugat cerai istrinya Anne Ratna Mustika yang menjabat Bupati Purwakarta, Jawa Barat.

Kang Dedi (51), panggilan akrabnya, tercatat sebagai Anggota DPR RI periode 2019–2024 dari daerah pemilihan Kabupaten Purwakarta, Bekasi, dan Karawang. Sebelumnya, Dedi Mulyadi menjabat sebagai Bupati Purwakarta berpasangan dengan Dudung Bachtiar Supardi periode 2008-2013.

Selanjutnya, pada Pilkada 2013 Dedi Mulyadi terpilih kembali menjadi Bupati Purwakarta untuk Periode 2013-2018 berpasangan dengan Dadan Koswara.

Saat menjabat bupati, Dedi terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Periode 2016 - 2020. Sebagai Ketua DPD Golkar, Kang Dedi merupakan salah satu pendukung Airlangga Hartarto.

Pada 2017, Dedi aktif mendorong digelarnya Munaslub yang berhasil membuat Airlangga menjabat Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto.

Kedekatan Dedi dengan Airlangga ini membuatnya terpilih sebagai calon dari Partai Golkar dalam ajang pemilihan Gubernur Jawa Barat. Ketika itu Golkar berkoalisi dengan Demokrat yang mengusung Deddy Mizwar.

Gagal di Pilgub, Kang Dedi sempat menjadi saksi di pengadilan. Jaksa mencecarnya soal aliran dana kampanye saat ia mencalonkan diri menjadi Gubernur Jawa Barat pada 2018.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...