Jokowi Siapkan Deklarasi Kesepakatan soal Ukraina dalam Puncak KTT G20

Rizky Alika
4 Oktober 2022, 11:55
KTT G20, Ukraina
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.
Delegasi mengikuti acara G20 Occupational Safety and Health (OSH) Network Annual Meeting di Jimbaran, Badung, Bali, Selasa (13/9/2022). Pertemuan yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan tersebut untuk berbagi praktik dan informasi yang baik di antara negara-negara anggota G20 guna meningkatkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Presiden Joko Widodo menyiapkan pertemuan puncak negara G20 di Bali pada November 2022. Kepala Negara pun membahas konflik Ukraina pada rapat persiapan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/10).

“Negara-negara maju masih mendorong agar masalah yang terkait dengan Ukraina itu menjadi kesepakatan bersama,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai menghadiri rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/10).

Pemerintah pun ingin memasukkan poin itu dalam deklarasi para pemimpin. Airlangga mengatakan seluruh working group dan engagement group di Indonesia telah selesai. Selanjutnya, pemerintah akan membahas pertemuan jalur sherpa pada substansi seputar ekonomi, kesehatan, dan keuangan.

Selain itu, rapat juga membahas kesiapan dan detail sesi KTT G20. Adapun, Indonesia berharap hasil pembahasan para pemimpin negara G20 bisa dirangkum dalam 34 paragraf.

Untuk memastikan kesiapan Bali sebagai tuan rumah, Jokowi akan meninjau lokasi pelaksanaan pertemuan G20. Kepala Negara juga akan memastikan detail agenda pertemuan.

Apalagi, KTT G20 berdekatan dengan pertemuan internasional lainnya yaitu KTT ASEAN dan APEC. "Sehingga jadwal di November nanti akan sangat padat," ujar Airlangga.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...