Daftar Produsen Fomepizole, Obat Impor untuk Atasi Gagal Ginjal Akut

Andi M. Arief
25 Oktober 2022, 14:55
Fomepizole, gagal ginjal akut
ANTARA FOTO/REUTERS/Jose Maria Cuadrado/Pool /aww/cf
Ilustrasi.

Pemerintah mengimpor obat Fomepizole untuk mengatasi gangguan ginjal akut dari empat negara, yakni Singapura, Australia, Amerika dan Jepang. Meski diimpor dari empat negara, obat tersebut diproduksi tiga perusahaan berbeda.

Tiga produsen Fomepizole tersebut yakni Zydus Pharmaceuticals asal Amerika, AFT Pharmaceuticals (Australia) dan Takeda Pharmaceutical (Jepang).

Obat yang bernama Fomepizol itu untuk mengobati keracunan etilen glikol. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pemilihan Fomepizol karena tingkat efikasinya yang tinggi dibandingkan obat lainnya. Para ahli farmakologi di dalam negeri yang merekomendasikan.

Kemenkes saat ini telah mengantongi 36 vial Fomepizole, terdiri dari 20 vial buatan Zydus Pharmaceutical yang diimpor pemerintah dari Singapura. Sisanya sebanyak 16 vial vial buatan AFT Pharmaceuticals merupakan donasi dari pemerintah Australia. Saat ini pemerintah sedang dalam proses pembelian 200 vial dari Jepang dan Amerika Serikat. 

Fomepizole yang digunakan sebagai penawar gangguan ginjal akut, efektivitasnya mencapai 90%.  Syahril mengatakan Fomepizole juga menjadi obat yang telah dirujuk oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Hanya Fomepizole obat yang siap dipakai dibandingkan obat lainnya," kata juru bicara Kemenkes, Mohammad Syahril, Selasa (25/10).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...