Rusia Resmi Masuk Resesi, Ekonomi Turun 4% di Kuartal 3

Yuliawati
Oleh Yuliawati
17 November 2022, 13:00
Rusia, Putin, resesi
123rf.com
Presiden Rusia Vladimir Putin

Rusia resmi memasuki resesi atau turunnya pertumbuhan ekonomi selama dua kuartal berturut-turut. Badan Statistik Nasional Rusia, Rosstat, melaporkan produksi domestik bruto turun empat persen pada kuartal ketiga. 

Sebelumnya, PDB Rusia pun mengalami empat persen serupa pada kuartal kedua. Ekonomi Rusia mengalami hantaman karena berbagai sanksi dari negara-negara Barat setelah Moskow menyerang Ukraina.

Kontraksi ekonomi Rusia memang sudah diprediksi para analis ekonomi. Laporan ekonomi yang terkontraksi empat persen selama kurun Juli dan September, masih lebih baik dari perkiraan analis yang memprediksi ekonomi turun 4,5%.

Kontraksi didorong oleh penurunan perdagangan grosir sebesar 22,6% dan penurunan perdagangan ritel sebesar 9,1%. Sisi baiknya, konstruksi tumbuh sebesar 6,7% dan pertanian sebesar 6,2%.

Sebelum serangan ke Ukraina, Rusia juga sempat mengalami resesi teknis pada akhir 2020 dan awal 2021 akibat pandemi virus corona.

Ekonomi Rusia kemudian terangkat pada awal 2022 dengan peningkatan PDB sebesar 3,5%.

Berbagai sanksi dari Barat kembali menghantam ekonomi Rusia. Pembatasan ekspor dan impor, masalah pasokan suku cadang telah membebani perekonomian Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...