Ahli Ingatkan Risiko Kematian Bila Orang Sering Tertular Covid-19

Yuliawati
Oleh Yuliawati
21 Desember 2022, 20:02
covid-19
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.
Petugas menyiapkan vaksin COVID-19 di Puskesmas Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (15/12/2022).

Ahli mengingatkan risiko kematian yang meningkat bila pasien sering tertular Covid-19. Vaksinolog Dirga Sakti Rambe mengatakan penularan Covid-19 berulang kali dapat mengganggu fungsi sejumlah organ tubuh.

“Jangan terlalu sering terkena Covid-19, karena dampak jangka panjangnya terutama nanti bisa berbahaya dan berisiko,” kata Dirga dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (21/12).

Ia menekankan infeksi dari Covid-19, sangat berbahaya dan jahat karena dapat menyerang berbagai organ tubuh selain saluran pernafasan atas. Misalnya adalah jantung, paru-paru, otak ataupun syaraf.

Dari beragam penelitian, dampak kerusakan terhadap organ ini menjadi terakumulasi. "Kalau ada orang yang terkena Covid-19 satu kali, itu (dampaknya akan) beda dengan orang yang dua kali atau tiga kali terkena. Jadi setelah dilakukan penelitian di organ tubuhnya ternyata berbeda,” katanya.

Dengan terganggunya berbagai organ itu, maka risiko kematian pasien Covid-19 dapat meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan seseorang yang hanya terkena infeksi satu kali.

Dirga menyarankan agar masyarakat tetap menjaga kewaspadaannya. Dia mengingatkan agar menjalankan vaksinasi. Selain itu, rajin melakukan swab antigen atau PCR jika memiliki gejala berupa batuk dan pilek.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...