Harga CPO dan Minyak Goreng Diprediksi Bakal Naik Imbas El Nino

Nadya Zahira
27 April 2023, 18:57
Pekerja mengangkut kelapa sawit yg bakal diproses menjadi CPO di Desa Pucok Lueng, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (4/2/2023).
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.
Pekerja mengangkut kelapa sawit hasil panen di Desa Pucok Lueng, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (4/2/2023).

Fenomena El Nino atau pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal diprediksi akan berdampak kepada produksi kelapa sawit yang berimbas mengerek harga sawit dan produk turunannya termasuk minyak goreng. Badan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan Kasan mengatakan perkiraan itu setelah mendapatkan laporan dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau Gapki.

"Gapki melaporkan akan ada sedikit penurunan produksi kelapa sawit," ujar Kasan dalam media briefing di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (27/4).

Fenomena El Nino diperkirakan akan mengerek kenaikan harga Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit. Sehingga, bakal berimbas terhadap harga minyak goreng yang akan tinggi di pasaran.

Kemendag menetapkan langkah antisipasi dengan menetapkan besaran rasio ekspor khusus untuk minyak goreng. Rasio ekspornya diturunkan dari yang sebelumnya sebesar 450 ribu ton menjadi 300 ribu ton per bulan.

"Kondisi hak ekspor yang ada saat ini masih cukup untuk teman-teman para produsen atau eksportir melakukan kegiatan ekspornya, dari hak ekspor yang ada saat ini maupun dari yang jumlah deposito akan dicairkan secara bertahap selama 9 bulan," ujar Kasan.

Kemendag bersama dengan Kementerian Pertanian, dan Badan Pangan Nasional, akan tetap memonitor pergerakan pasokan pangan termasuk kelapa sawit. Tujuannya untuk mengamankan pasokan pangan.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa mengatakan, hal lain yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi fenomena El Nino yakni dengan melihat dari dua sisi, hulu dan hilir.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...