Potensi Masih Besar, Rasio Pajak 16 Persen Realistis

Image title
Oleh
14 Oktober 2014, 17:31
Hindari Pajak Indonesia, Lari ke Negara Tax Haven.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pemerintahan Joko Widodo dinilai dapat merealisasikan target rasio penerimaan pajak terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 16 persen pada akhir masa jabatannya.

Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany mengatakan, saat ini pemerintah hanya mampu mencapai rasio pajak sebesar 12,2 persen, sehingga potensi yang belum tergarap masih besar.

Salah satu kelemahan yang mesti dibenahi adalah dalam proses penagihan pajak yakni belum terintegrasinya sistem pendataan dari semua lini. Jika terintegrasi, akan memudahkan penagihan karena ada banyak pengawasan melalui data dari setiap lembaga yang terhubung dengan sistem perpajakan.

?Kita tidak memiliki data yang kuat untuk menguji surat pemberitahuan (SPT) yang diberikan,? ujar Fuad di Jakarta, Selasa (14/10).

Menurut data Ditjen Pajak, Wajib Pajak (WP) orang pribadi yang tergarap saat ini baru berjumlah 23 juta orang. Dengan potensi WP sebanyak 60 jutaan orang, maka jumlah WP orang pribadi yang masih harus digarap pemerintah baru kurang lebih sekitar 38 juta orang.

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...