Jokowi Lantik 34 Menteri dan 2 Wakil Menteri

Image title
Oleh
27 Oktober 2014, 13:27
Pelantikan Kabinet Kerja
setkab.go.id
Pelantikan Kabinet Kerja 2014-2019

KATADATA –  Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah 34 menteri Kebinet Kerja periode 2014-2019. Jokowi juga melantik dua wakil menteri yaitu Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

Pelantikan para menteri itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 121/P/2014 tentang pembentukan kementerian dan pembentukan Kabinet Kerja 2014-2019. Pelantikan itu dipandu langsung oleh Jokowi di istana negara. Berbeda dari pelantikan sebelumnya, para menteri itu menggunakan batik berwarna cokelat. (Baca: Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK)

Sesudah pelantikan menteri, presiden juga melantik dua wakil menteri. Hal itu berdasarkan Keputusan Presiden RI No 87/N tentang pengangkatan wakil menteri luar negeri dan wakil menteri keuangan. Keduanya juga diambil sumpahnya, dipandu oleh Jokowi.

Mardiasmo merupakan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Sebelumnya ia menjadi Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan. Pria kelahiran Surakarta 10 Mei 1958 ini juga menjadi Ketua Ikatan Akuntan Indonesia. Pendidikan terakhirnya yaitu doktor dari The University of Birmingham Inggris (1995-1999). Sebelumnya, ia menyelesaikan master of Business Administration (MBA) dari The University of Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat. Mardiasmo merupakan lulusan Akutansi dari UGM Yogyakarta.

Sedangkan AM Fachir merupakan duta besar Arab Saudi sejak 14 Februari 2014. Ia juga pernah menjadi Dubes di Mesir (September 2007). Memulai karir di Kemenlu pada 1983, Fachir juga pernah menjadi Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri pada 25 Oktober 2011. Ia juga pernah dipercaya sebagai Kepala Biro Naskah dan Penerjemahan Sekretariat Negara sekaligus sebagai Penerjemah Resmi Presiden Megawati Soekarnoputri tahun 2002-2004.

Pelantikan itu dihadiri oleh mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Setya Novanto, Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zulva, Ketua DPD Irman Gusman. Selain itu tampak hadir beberapa ketua umum partai yaitu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, dan Ketua Umum PKPI Sutiyoso.

Reporter: Arnold Sirait
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...