Pertamina Bisa Tambah Produksi Pertamax Tanpa Mengakuisisi TPPI

Safrezi Fitra
14 Januari 2015, 15:48
Katadata
KATADATA
Pertamina membatalkan rencana akuisisi kilang TPPI

KATADATA ? Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengaku masih memiliki banyak cara untuk bisa menambah produksi Pertamax, atau bahan bakar minyak (BBM) jenis Mogas 92, tanpa harus mengakuisisi kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

"Solusi itu banyak. Kami bisa akuisisi kilang di luar negeri atau tool fee. Buat apa harus tergantung pada TPPI, jika banyak masalah," katanya kepada Katadata, Rabu (14/1).

Pertamina telah diberi waktu selama dua tahun oleh pemerintah untuk menghapus BBM berkadar oktan 88 (RON 88) dan beralih ke Mogas 92. Dengan dihapusnya RON 88 mau tidak mau Pertamina harus bisa meningkatkan produksi Mogas 92 untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri.

Untuk meningkatkan produksi bahan bakar tersebut, Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi mengusulkan agar Pertamina mengambil alih kilang TPPI. Akuisisi ini dianggap mampu mengoptimalkan kilang TPPI, dan Pertamina bisa menambah produksi Mogas 92 sebesar 45.000 barel per hari. Saat ini produksi Mogas 92 di dalam negeri hanya 200.000 barel per bulan.

Masalahnya Pertamina menolak untuk mengambilalih atau mengakuisisi TPPI. Banyak masalah termasuk utang yang menumpuk dijadikan salah satu alasan kenapa Pertamina enggan akuisisi TPPI.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...