Pemerintah Pastikan Dua Kilang Dibangun Tahun Depan

Safrezi Fitra
26 Februari 2015, 10:26
Kilang Minyak
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah memastikan akan memulai pembangunan dua kilang minyak tahun depan. Masing-masing kilang memiliki kapasitas produksi sebesar 150.000 barel per hari, sehingga kapasitas dua kilang tersebut mencapai 300.000 barel per hari.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja mengatakan satu kilang hasil kerja sama pemerintah dan swasta akan dibangun di Bontang, Kalimantan Timur. Satu kilang lagi akan dibangun oleh investor asal Timur Tengah di pulau Jawa.

Advertisement

Saat ini studi kelayakan untuk kilang di Jawa sudah hampir selesai. Selanjutnya pembangunan akan dilakukan mulai awal tahun depan. "Feasibility Studies sudah selesai, kita sedang dorong aturan dan hal-hal lainnya," kata Wira, panggilan akrab Wiratmadja, di kantornya, Jakarta, Rabu (25/2).

Sementara untuk kilang bontang studinya masih berjalan, dan diharapkan mulai pembangunan pada September 2016. Kedua kilang ini ditargetkan dapat mulai beroperasi pada 2018.

Pemerintah akan memberikan hak pengelolaan kilang di Jawa selama 20 tahun. Menurutnya pembebasan lahan juga dilakukan oleh investor tersebut. Investor Timur Tengah ini juga sudah menjamin pasokan minyak mentah dari negaranya.

Sedangkan untuk kilang KPS di Bontang, skemanya adalah pemerintah menyewa dan Pertamina akan menjadi offtaker-nya. "Untuk swasta tidak lupa akan kita berikan tax holiday dan insentif-insentif lainnya," ujar Wira.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Direktur Pemasaran PT Pertamina Ahmad Bambang yang beberapa waktu lalu bahwa pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 500 hektare untuk pembangunan kilang. Menurut dia, pemerintah juga akan memberikan insentif dalam bentuk pembebasan pajak (tax holiday) dan pengurangan bea masuk untuk kilang di Bontang senilai US$ 8 miliar ? US$ 9 miliar.

?Prosesnya masih persiapan lelang oleh Kementerian Keuangan dan Pertamina,? ujar Ahmad.

Nantinya, kedua kilang akan memproduksi bensin dengan kadar oktan (researches octane number/RON) 92. Kilang juga akan memproduksi solar yang ramah lingkungan, dengan standar Euro IV dan Euro V.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement