Manfaatkan Pelemahan Rupiah, Ekspor Alas Kaki Naik 14 Persen

Image title
Oleh
27 Maret 2015, 10:16
Sepatu Larici
Donang Wahyu|KATADATA

KATADATA ? Nilai ekspor alas kaki nasional sepanjang Januari?Februari 2015 naik 14 persen menjadi US$ 726 juta, dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 636,8 juta. Pelemahan rupiah menjadi faktor yang mendongkrak ekspor alas kaki.

?Stok-stok yang sebelumnya tidak dijual karena harga kurang bagus, dipasok ke pasar ekspor ketika dolar menguat. Ini membuat kami mencetak pertumbuhan ekspor 14 persen,? ujar Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko, seperti dikutip harian Investor Daily, Jumat (27/3).

Eddy menyebut produk-produk tersebut diekspor ke pasar Afrika dan beberapa negara lainnya. Secara bisnis, sebenarnya kondisi saat ini masih normal. Industri sepatu dan alas kaki hanya memanfaatkan momentum penguatan dolar untuk menggenjot ekspor.

Aprisindo memperkirakan ekspor alas kaki tahun ini mencapai US$ 4 miliar, naik tipis dibandingkan tahun lalu US$ 3,9 miliar. Banyaknya kendala dan ketidakpastian membuat industri ini tidak bisa berharap banyak tahun ini.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...