Ada Indikasi Mafia Baru di Balik Pembubaran Petral?

Safrezi Fitra
22 April 2015, 18:23
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi menduga ada permainan mafia baru dibalik rencana pembubaran Pertamina Energi Trading Limited (Petral). Permainan mafia baru ini perlu diwaspadai jika nantinya pemerintah membentuk perusahaan pengganti Petral melakukan impor minyak.

"Analisis saya, kalau pembubaran petral diikuti dengan pendirian perusahaan baru, misalnya China Sonangol yang menggantikan Petral dalam impor BBM. Tidak dapat disangkal lagi ada permainan mafia baru," ujar Anggota Tim Reformasi Fahmi Radi kepada Katadata, Rabu (22/4).

Seperti diketahui, Pertamina memang sedang menyiapkan perusahaan perdagangan migas pengganti Petral. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan meski Petral dibubarkan, Pertamina akan tetap menjalankan visinya untuk menjadi perusahaan perdagangan migas dunia.

(Baca: Pertamina Siapkan Perusahaan Trading Pengganti Petral)

Rencananya, setelah dibubarkan aset Petral akan diambil oleh Pertamina. Aset ini kemudian dialihkan kepada Pertamina Energy Services (PES), perusahaan perdagangan migas yang akan menggantikan Petral. PES akan menjalankan peran sebagai trading migas lebih baik dari Petral, bukan sekedar untuk membeli minyak kebutuhan Pertamina. PES akan dijadikan perusahaan trading migas Pertamina di internasional.

Menanggapi hal ini, Anggota Tim Reformasi lainnya, Agung Wicaksono, meminta adanya audit forensik sebelum Petral dibubarkan. Ini penting dilakukan untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam Petral sebelumnya, tidak terulang lagi di masa depan.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...