Pertamina Siapkan Perusahaan Trading Pengganti Petral

Safrezi Fitra
22 April 2015, 17:33
Pertamina - KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) mengakui adanya rencana pembubaran anak usahanya yang bergerak dalam perdagangan minyak dan gas, Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Namun, perusahaan migas negara ini masih tetap ingin memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam perdagangan minyak dan gas.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan meski Petral dibubarkan, Pertamina akan tetap menjalankan visinya untuk menjadi perusahaan perdagangan migas dunia. Atas dasar inilah Pertamina berencana mengembangkan perusahaan perdagangan migas pengganti Petral.

Sesuai pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Petral akan dibubarkan setelah pemerintah mendapat laporan perusahaan tersebut dari Pertamina. Saat ini Pertamina masih melakukan evaluasi terhadap kinerja dan manfaat Petral bagi Pertamina.

Dwi mengakui fungsi Petral saat ini sudah tidak sesuai dengan tujuan awal pembentukan. Pertamina sudah membeli minyak langsung melalui unit bisnisnya, Integrated Supply Chain (ISC), tanpa melalui Petral. Makanya ada wacana Petral akan dibubarkan.

?Pertamina akan ambil aset (Petral) yang ada, dan akan kami gunakan untuk visi Pertamina. Yakni menjadi The Real International Trading, bukan arm (lengan Pertamina untuk mengimpor minyak) lagi," kata dia usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII, di Jakarta, Rabu (22/4).

Rencananya, setelah dibubarkan aset Petral akan diambil oleh Pertamina. Aset ini kemudian dialihkan kepada Pertamina Energy Services (PES), perusahaan perdagangan migas yang akan menggantikan Petral.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...