Bangun Bendungan, Pemerintah Pertimbangkan Suntik Modal BUMN

Safrezi Fitra
6 Mei 2015, 11:58
Katadata
KATADATA
Peresmian pembangunan bendungan Keureuto, Aceh

KATADATA ? Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menyuntikkan modal bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugaskan membangun waduk dan pembangkit listrik tenaga air. Suntikkan modal ini berupa Penyertaan Modal Negara (PMN).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ari Setiadi Murwanto mengatakan tidak semua proyek bendungan memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dan diminati perusahaan. Suntikan modal ini untuk mengantisipasi nilai keekonomian proyek waduk atau bendungan yang dinilai kurang.

Ari menyebut beberapa BUMN seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebenarnya mampu secara finansial untuk menggarap proyek bendungan. Namun, dia meragukan apakah BUMN tersebut memiliki kemauan untuk membangun waduk dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

"Bisa kita lakukan dengan PMN ataupun tidak. Karena seperti Wika itu mampu, tapi tidak tahu mau atau tidak menggarap proyeknya," kata Ari saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (5/5).

Kajian untuk memberikan PMN kepada BUMN untuk membangun waduk, didasarkan pada besaran proyek dan juga potensi daya listrik yang dihasilkan. Selain PMN, dukungan dana tunai (Viability Gap Fund/VGF) juga merupakan salah satu opsi yang bisa diberikan oleh pemerintah.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...