Pertamina Khawatir Produksi Blok Mahakam Turun Pada 2018

Safrezi Fitra
28 Mei 2015, 12:13
migas
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) mengkhawatirkan produksi migas di Blok Mahakam menurun saat pengambilalihan blok tersebut pada 2017. Makanya Pertamina meminta Total E&P Indonesie tetap menjalankan seluruh kewajibannya di Blok Mahakam hingga kontraknya berakhir.

"Kami minta operator sekarang yakni Total menyelesaikan komitmen sampai 31 Desember 2017, sehingga produksi tidak akan drop," kata Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/5).

Dia mengatakan secara geologis, Blok Mahakam merupakan delta yang sangat rentan terjadi penurunan produksi. Penurunan produksi akan dengan mudah terjadi jika kegiatan pengeboran sumur migas dihentikan. Setelah pengeboran berhenti, sumur migas di blok tersebut akan sulit mengeluarkan migasnya kembali.

Secara alamiah, produksi blok migas memang bisa dipastikan menurun. Penurun produksi akan bertambah besar jika operator blok migas menghentikan kegiatan pengeborannya.

Untuk menjaga agar penurunan tingkat produksi tidak terjadi, Pertamina meminta adanya masa transisi di blok tersebut, sebelum masa kontrak berakhir. Dengan begitu, pada 1 Januari 2018, Pertamina sudah bisa menjadi operator dan bisa melakukan investasi.

"Kami tahu produksi akan decline. Sehingga yang kami usulkan diberikan kesempatan untuk persiapkan diri. Sehingga 1 januari 2018 kami bisa langsung investasi," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...