Pemerintah Prioritaskan Pertamina Dapat Blok Sanga-Sanga

Safrezi Fitra
29 Mei 2015, 16:03
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan akan memprioritaskan PT Pertamina (Persero) untuk mengelola Blok Sanga-Sanga. Pertamina berpeluang besar mendapatkan blok migas tersebut setelah kontrak dengan Virginia Indonesia Company berakhir pada 2018.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan Pertamina memang sudah menyatakan minatnya untuk mengambil alih Blok Sanga-Sanga. Namun, minatnya belum dilakukan secara formal dengan proposal permohonan.

Advertisement

"Kalau secara informal sudah. Pertamina yang sudah mengajukan surat kalau tertarik untuk kelola Sanga-Sanga," kata dia di Kantor EBTKE, Jakarta, Jumat (29/5).

Wiratmaja mengaku pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Vico. Apakah Vico akan memperpanjang atau menghentikan kontraknya. Meski demikian, dia tidak mau mengatakan bagaimana keputusan pemerintah jika Vico ingin memperpanjang kontraknya.

Menurut dia keputusan tersebut sudah ada di Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 tahun 2015. "Ada Permen-nya kan (Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 Tahun 2015). Paling tidak, kan ada arahnya kemana," ujar dia.

Dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 15/2015, tidak menyatakan secara tegas mengenai hak prioritas Pertamina untuk mendapatkan blok migas yang kontraknya akan berakhir. Jika kontraktor mengajukan untuk memperpanjang kontraknya, pemerintah memiliki tiga opsi keputusan.

Tiga opsi keputusan tersebut adalah, memperpanjang kontrak dengan kontraktor lama, memberikan hak pengelolaan kepada Pertamina, atau memberikan kepada Pertamina dan kontraktor lama.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement