Pemerintah Siapkan Perpres Pembangunan LRT Jabodetabek

Aria W. Yudhistira
3 Juni 2015, 18:27
Katadata
KATADATA
Menteri BUMN Rini Soemarno.

KATADATA ? Pemerintah menyiapkan peraturan presiden (Perpres) pembangunan Light Rail Transit (LRT) atau kereta listrik ringan yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengatakan, Perpres tersebut akan berisi tentang penunjukan langsung PT Adhi Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor proyek yang diperkirakan memakan biaya Rp 24 triliun tersebut.

Advertisement

Kemudian BUMN karya itu juga akan melakukan penerbitan saham baru atau rights issue guna mendapatkan modal awal. Rencananya rights issue akan dapat dilaksanakan pada Juli nanti.

?Kalau target ini semua lancar maka groundbreaking akan dilakukan 17 Agustus mendatang,? kata Rini seusai rapat koordinasi mengenai pembangunan LRT di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (3/6).

Rini mengatakan, Adhi Karya menargetkan dapat memperoleh dana sebesar Rp 3 triliun dari rights issue tersebut. Dia juga memastikan proyek dengan total nilai investasi Rp 24 triliun ini akan seluruhnya dibiayai oleh Adhi Karya tanpa menggandeng pihak lain.

?Tarifnya sendiri diperkirakan Rp 1.000 per kilometer, itu tanpa subsidi,? kata Rini.

(Baca: Korea, Jepang, dan Cina Berminat Garap LRT Jabodetabek)

Satu-satunya kendala proyek ini adalah masalah pembebasan lahan untuk pembangunan depo LRT. Namun Rini optimistis kendala ini tidak akan terjadi secara berkepanjangan sehingga tidak mengganggu jalannya proyek ini. ?Karena secara garis besar pembangunan LRT telah disetujui oleh seluruh pihak,? kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan menyatakan optimistis proyek ini dapat dimulai bersamaan dengan hari Kemerdekaan RI tahun ini. Dia memberitahu untuk tahap pertama yakni ruas Bekasi Timur-Cawang-Bogor hingga Dukuh Atas memerlukan dana Rp 10 triliun.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement