Kriminalisasi Hambat Eksplorasi Migas

Safrezi Fitra
14 Juli 2015, 15:33
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebut lemahnya jaminan hukum, menjadi salah satu faktor yang menghambat upaya peningkatan produksi dan penemuan cadangan migas baru di Tanah Air.

Wakil Kepala SKK Migas M.I Zikrullah mengatakan  upaya peningkatan produksi dan cadangan migas ini harus  didukung  jaminan hukum bagi pejabat pembuat keputusan. Jaminan hukum sangat diperlukan mengingat risiko industri migas sangat tinggi, ditambah lagi investasi yang besar karena memerlukan teknologi tinggi.

Adanya potensi kriminalisasi membuat penentu kebijakan sangat berhati-hati dalam membuat keputusan, sehingga memakan waktu yang lama. "Kalau setiap langkah dianggap merugikan negara maka pemerintah akan ragu dalam mengambil kebijakan. Itu menambah birokrasi," ujar dia kepada Katadata beberapa waktu.

Menurut dia, sektor migas seharusnya mendapat keistimewaan di dalam sistem hukum (lex spesialis). Ini diperlukan agar setiap kebijakan yang diambil oleh oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk meningkatkan industri migas, bisa mendapat dukungan dari Kementerian lain.

Setidaknya saat ini ada empat megaproyek migas yang masih dalam proses persetujuan oleh SKK Migas. Proses persetujuannya berjalan lambat, sehingg negara kehilangan potensi pendapatan hingga ratusan triliun rupiah setiap tahunnya dari proyek-proyek tersebut.

Keempat megaproyek itu adalah Indonesia Deepwater Development (IDD) oleh Chevron dengan nilai investasi US$ 12 miliar, Abadi Masela LNG oleh Inpex dengan nilai investasi US$ 7 miliar, Tangguh Train III oleh BP dengan nilai investasi US$ 12 miliar, dan East Natuna Project dengan nilai investasi US$ 24 miliar.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...