Pembangunan 4 SPBG Terhambat Masalah Lahan

Safrezi Fitra
30 Juli 2015, 15:57
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Target pemerintah membangun 22 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) tahun ini agaknya akan sulit tercapai. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut dari 22 SPBG tersebut, kemungkinan hanya 18 yang bisa dilelang tahun ini.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Naryanto Wagimin mengatakan pihaknya masih mengalami kesulitan untuk melakukan lelang empat SPBG. Ini terkait masalah pembebasan lahan yang belum bisa diselesaikan.

"Ada masalah di lahan dan masih negosiasi tanahnya. Empat SPBG tersebut ada di sekitar Jabotabek, Surabaya, dan Balikpapan," kata dia kepada Katadata, Kamis (30/7).

(Baca: Kementerian ESDM Minta Ditugaskan Membagikan Konverter Kit)

Hingga saat ini pun 18 SPBG lainnya belum semuanya selesai dilelang oleh PT Pertamina (Persero). Hanya ada beberapa saja yang sudah lelang dan siap kontrak. Selebihnya akan siap dilelang bulan depan dan bertahap seterusnya hingga selesai sebelum akhir tahun. Tahapan lelang ini dibagi dua, yakni lelang lahan dan lelang konstruksi.

Dia belum bisa menyebut berapa nilai investasi dari 18 SPBG yang kemungkinan bisa dibangun tahun ini. Namun secara keseluruhan, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 1,7 triliun untuk pembangunan 22 SPBG tahun ini.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...