Ekonomi Melambat, Presiden Minta Pengusaha Tidak Mengeluh

Image title
Oleh
3 Agustus 2015, 14:35
Katadata
KATADATA
Presiden Joko Widodo.

KATADATA ? Presiden Joko Widodo meminta kalangan dunia usaha tidak gampang mengeluh di tengah situasi perlambatan ekonomi saat ini. Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada saat ini justru peluang untuk mendorong kinerja ekspor Indonesia.

?Saya malas lihat pengusaha yang suka mengeluh. Sekecil apa pun peluang harus dimasuki,? kata Presiden saat meresmikan pelepasan ekspor komoditas unggulan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, seperti dikutip dari situs Sekretaris Kabinet, Senin (3/8).

Menurut Presiden, pelemahan nilai tukar rupiah dan perlambatan ekonomi global justru menjadi peluang untuk menciptakan pasar ekspor baru, di luar AS, Eropa, Cina, Jepang, dan Korea yang selama ini menjadi pasar tradisional bagi Indonesia.

?Beberapa negara di Amerika Latin, Afrika, Timur Tengah dan negara-negara lainnya memberikan peluang komoditas dan produk dari Indonesia,? kata Jokowi, panggilan akrab Presiden.

(Baca: Ekonomi Melambat, Ribuan Pekerja Dirumahkan)

Dia menyatakan, sangat optimistis dengan situasi perekonomian saat ini, meski kurs rupiah melemah tapi memberikan peluang memberikan keuntungan. Asalkan, kata dia, setiap wilayah mampu memanfaatkan potensi daerahnya.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...