ESDM Buat Surat Keputusan Pengalihan Hak Kelola Blok Mahakam

Safrezi Fitra
6 Agustus 2015, 17:27
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku telah membuat surat keputusan resmi mengenai pembagian hak pengelolaan Blok Mahakam. Surat keputusan tersebut dapat menjadi dasar yang kuat bagi PT Pertamina (Persero) untuk memulai proses pengambilalihan mayoritas hak pengelolaan blok migas itu dari tangan Total E&P Indonesie.

Kepala Biro Hukum Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susyanto mengatakan Pertamina sudah mendapatkan legalitas untuk mengelola Blok Mahakam setelah kontraknya habis pada tahun 2017. Dengan adanya keputusan menteri mengenai pengalihan pengelolaan Blok Mahakam kepada Pertamina, maka proses selanjutnya adalah penandatanganan kontrak baru.

Advertisement

"Sudah ada keputusan Menteri ESDM. Tinggal nanti kontrak yang ditandatangani para pemegang saham dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas," ujar ketika dihubungi Katadata, Kamis (6/8).

(Baca: Pemerintah Dorong Penyelesaian Blok Migas Tak Seperti Blok Mahakam)

Namun, dia tidak bisa menyebutkan seperti apa bentuk keputusan tersebut. Begitu juga dengan nomor suratnya. Yang jelas, hal ini diharapkan dapat menjawab tuntutan dari serikat pekerja Pertamina yang meminta kejelasan status hukum pengelolaan blok migas di Kalimantan Timur ini.

Hari Kamis ini, Serikat Pekerja Pertamina menyampaikan tuntutannya dengan menggelar aksi unjuk rasa ke Kementerian ESDM dan Istana Negara. Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu, Eko Wahyu Laksmono, mengklaim aksi ini diikuti oleh sekitar 900 orang dari serikat pekerja Pertamina. Serikat pekerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain, seperti PT Perusahaan Listrik Negara dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk, turut serta dalam aksi tersebut.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement