Pemerintah Targetkan Produksi 10 Ribu Kendaraan BBG Tahun Depan

Safrezi Fitra
10 Agustus 2015, 17:54
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah menargetkan sebanyak 10.000 unit mobil baru yang diproduksi tahun depan, menggunakan bahan bakar gas (BBG). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan bekerjasama dengan produsen kendaraan di dalam negeri untuk mengejar target tersebut.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan pihaknya bersama instansi pemerintah yang terkait, tengah melakukan pembicaraan dengan salah satu perusahaan pembuat mobil, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Harapannya agar Toyota mau memproduksi kendaraan berbahan bakar gas.

Advertisement

Lewat kerjasama ini, pemerintah akan mendorong pabrikan kendaraan memproduksi mobil berbahan bakar gas. Tabung gas pada mobil tersebut didesain sedemikian rupa, hingga tidak memakan ruang yang besar pada bagasi kendaraan.

Sebenarnya kendaraan yang berbahan bakar minyak (BBM) bisa  menggunakan BBG, menambahkan alat pengubah penggunaan bahan bakar atau konverter kit. Selama ini masyarakat masih enggan memasangkan alat tersebut di kendaraannya, salah satunya karena takut jaminan garansi kendaraan tersebut akan hilang.

?Kami dorong kendaraan baru menggunakan gas, (konverter kit-nya) sudah built-in dari pabrik. Orang yang menggunakan kendaraan tersebut rasa amannya lebih tinggi, garansinya juga tidak hilang,? ujar Wiratmaja dalam keterangannya di laman Kementerian ESDM, Senin (10/8).

(Baca: Kementerian ESDM Minta Ditugaskan Membagikan Konverter Kit)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement