Pemeriksaan Dirut Pelindo Bisa Ganggu Kinerja BUMN

Aria W. Yudhistira
31 Agustus 2015, 14:42
Katadata
KATADATA
Menteri BUMN Rini Soemarno.

KATADATA ? Penggeledahan kantor PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II yang dilakukan oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bisa berpengaruh kepada kinerja perusahaan pelat merah lainnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengatakan, pemeriksaan tersebut dapat menimbulkan kekhawatiran para direksi dalam pengambilan keputusan untuk pengembangan korporasi. Dia berharap Polri dapat berkomunikasi terlebih dulu sebelum melakukan pemeriksaan.

?Karena banyak direksi BUMN yang khawatir. Bagaimana kalau mereka tidak tahu apa-apa lalu terjadi penggeledahan,? kata Rini di Gerbang Tol Kapuk, Jakarta, Senin (31/8).

Rini memastikan Pelindo II sudah mendapatkan rekomendasi BPK dalam pengadaan alat bongkar muat (crane) di Pelabuhan Tanjung Priok. Atas dasar itu, dia berpendapat wajar saja jika Direktur Utama Pelindo II R.J. Lino kaget dan cenderung emosional saat kantornya digeledah pihak Kepolisian.

?Mungkin kekagetan Pak Lino itu karena kok tiba-tiba saja diperiksa,? katanya. (Baca: Payung Hukum Beri Kepastian Proyek Infrastruktur)

Kendati begitu, karena telah masuk pada ranah hukum, Rini memilih untuk tidak mencampuri dan menunggu proses yang ada di Kepolisian. ?Kami menunggu proses selanjutnya, kami serahkan saja ke Kepolisian,? katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...