Kementerian ESDM Percepat Lelang Proyek 2016

Safrezi Fitra
9 November 2015, 12:39
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

KATADATA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mempercepat lelang proyek kementerian tahun depan, tujuh bulan lebih awal. Biasanya Kementerian ESDM melakukan lelang proyek pada pertengahan tahun anggaran. Saat ini lelangnya dilakukan pada dua bulan sebelum tahun anggaran.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan dokumen tender sudah mulai disusun dalam dua bulan terakhir. Saat ini, semua pejabat eselon I kementeriannya sudah siap dengan dokumen tender tersebut dan proses lelang akan segera dimulai hari ini.

Advertisement

Dia mengatakan pengumuman lelang mulai diiklankan hari ini. Proses lelang tahap I akan langsung dilaksanakan setelah pengumuman tersebut. Lelang tahap II akan dilaksanakan pada awal Desember. Untuk pelelangan yang berkelanjutan akan dilakukan pada Maret 2016. Lelang tahap I sebanyak 1.299 paket senilai Rp 711 miliar. Lelang tahap dua sebanyak 114 paket senilai Rp 803,75 miliar. Sedangkan tahap III, lelang 114 paket senilai Rp 1,98 triliun.

“Mulai 15 Januari 2016 kami sudah patok targetnya, kami akan tanda tangan kontrak tahap I dan akhir Januari 2016 kontrak tahap II, tender Maret 2016 akan selesai pada April 2016,” jelas Sudirman dalam konferensi pers capaian setahun kinerja ESDM di hotel Dharmawangsa Jakarta, Minggu (8/11).

Sudirman mengaku dalam lima tahun terakhir penyerapan anggaran kementeriannya cenderung menurun. Bahkan, tidak pernah lebih dari 60 persen penyerapannya. Saat ini pihaknya sedang berbenah untuk menggali seluruh sumbatan yang menghambat pelaksanaan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Upaya pembenahan ini telah dilakukan dalam empat bulan terakhir. Unit Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan Infrastruktur (UP3I) bersama dengan Sekretaris Jenderal ESDM Teguh Pamudji dan Inspektur Jenderal ESDM Mohtar Husein, telah menemukan formula khusus untuk mempercepat penyerapan sebelum akhir tahun 2015.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement