Sinergi PGN-Pertagas, Pemerintah akan Bentuk Komite Bersama

Safrezi Fitra
10 Desember 2015, 18:47
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin

KATADATA - Pemerintah akan membentuk komite kerja bersama (joint committee) untuk mensinergikan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) gas. Dengan pembentukan badan khusus ini, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. dan PT Pertamina Gas (Pertagas) diharapkan bisa kompak, khususnya di sektor hilir gas.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan nantinya Pertagas dan PGN bisa bekerjasama dalam pemanfaatan aset dan pembangunan infrastruktur gas. Ini untuk mengatasi inefisiensi dan tumpang tindih pembangunan pipa dan penyaluran gas. (Baca: PGN-Pertagas Akan Diintegrasikan Tahun Depan)

Advertisement

“Sementara, kami ingin mengajukan operasinya masih sharing asset (berbagi aset). Kalau aset Pertagas bisa dimanfaatkan PGN dan punya PGN bisa dimanfaatkan Pertagas,” ujar Menteri BUMN Rini Soemarno kepada Katadata, Kamis (10/12).

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Poesponegoro mengatakan komite ini akan berada di bawah koordinasi Kementerian BUMN. Dalam joint committee ini akan ada perwakilan PGN dan Pertagas yang bertugas untuk menetapkan area-area operasi yang bisa kerjakan bersama.

“Ketuanya Pak Edwin (Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata) anggotanya PGN dan Pertagas,” ujarnya. (Baca: Jokowi Minta Kementerian BUMN Sinergikan PGN dan Pertagas)

Halaman:
Reporter: Manal Musytaqo
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement