Kementerian ESDM Ingin Pengembangan Blok Masela di Laut

Arnold Sirait
11 Januari 2016, 15:15
skk migas.jpg
www.skkmigas.go.id

KATADATA - Pemerintah hingga kini masih belum menentukan skema pengembangan Blok Masela. Namun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginginkan agar pengolahan gas dari blok minyak dan gas bumi (migas) tersebut dilakukan di laut menggunakan fasilitas kilang terapung (FLNG). Untuk itu, pemerintah sedang menyiapkan pembangunan fasilitas produksi di Laut Arafura.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, pengolahan gas di laut ini bertujuan memisahkan gas dan kondensat yang keluar dari perut bumi. “Akan dibangun juga fasilitas produksi untuk memisahkan fluida hydrokarbon yang keluar dari sumur. Gas dan kondensat harus dipisahkan di laut dan dibangun fasilitasnya di laut,” katanya kepada Katadata, Senin (11/1).

Selain membangun fasilitas pengolahan di laut, pemerintah juga sedang menyiapkan lahan di darat. Luasnya kurang lebih 40 hektare (ha). Lahan ini disiapkan untuk industri-industri penunjang kegiatan Blok Masela. Industri ini juga diharapkan dapat memanfaatkan gas dari blok tersebut. Dengan begitu, menurut Djoko, kehadiran megaproyek Masela dapat turut menumbuhkan industri di sekitar kawasan tersebut. Alhasil, masyarakat di wilayah itu dapat juga merasakan manfaatnya. 

(Baca : Pemerintah Siapkan Badan Otoritas Kawasan Industri di Blok Masela)

Namun, skema pengembangan masyarakat dan wilayah tersebut masih dalam tahap pengkajian. Dalam mengkaji hal tersebut, pemerintah juga akan melibatkan perguruan tinggi setempat.

Yang jelas, pemerintah tidak ingin apa yang terjadi dengan pengelolaan gas di Aceh melalui  PT Arun Natural  Gas Liquefaction (Arun NGL), kembali terulang di Blok Masela. Sejak 2014, Arun NGL sudah tidak lagi memproduksi gas alam cair (LNG) karena kehabisan sumber gas. Akibatnya, perusahaan itu kemudian banting setir dengan melakoni usaha regasifikasi, yakni hanya mengolah LNG menjadi gas.  

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...