Pacu Serapan di Awal Tahun, ESDM Teken Proyek Rp 136,6 Miliar

Arnold Sirait
2 Februari 2016, 21:08
No image
Menteri ESDM Sudirman Said

KATADATA -  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya memacu penyerapan anggaran 2016 sejak awal tahun ini. Selasa ini (2/2), Kementerian ESDM meneken kontrak pengadaan barang dan jasa senilai Rp 136,65 miliar.

Menteri ESDM Sudirman Said mengakui, nilai kontrak pengadaan barang dan jasa yang diteken kali ini lebih kecil dibandingkan tahap pertama pada pertengahan Januari lalu. “Jumlah paket lebih sedikit karena merupakan sisa tahap pertama,” katanya seusai penandatangan kontrak proyek di Jakarta, Selasa (2/2).

(Baca: Tender Proyek 2016 Rampung, ESDM Bersiap Teken Kontrak Rp 7 Triliun)

Pada 14 Januari lalu, ada 198 paket kontrak dengan nilai Rp 407 miliar. Sementara pada tahap kedua ini cuma terdapat 36 paket kontrak yang ditandatangani oleh para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) masing-masing satuan kerja (satker) di Kementerian ESDM. Rinciannya, pertama untuk konstruksi yang terdiri atas tiga paket kontrak senilai Rp 48,34 miliar.

Kedua, untuk pengadaan barang sebanyak 16 paket dengan nilai kontrak Rp 42,05 miliar. Ketiga, untuk jasa lainnya sebanyak delapan paket dengan nilai kontrak Rp 6,76 miliar. Keempat, untuk konsultan sebanyak sembilan paket dengan nilai kontrak Rp 38,91 miliar.

Setelah penandatanganan tersebut, Sudirman meminta seluruh pihak mengawasi pelaksanaan kontrak. Bagi para pejabat struktural, diminta mengidentifikasi dan memantau paket-paket strategis. Para pengelola anggaran harus teliti dan cermat dalam proses administrasi anggaran sesuai aturan. Sedangkan para rekanan diharapkan bekerja secara cepat dan cermat sesuai kontrak.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...