Dirut Pertamina Tolak Pemberlakuan Cukai BBM

Arnold Sirait
28 Maret 2016, 12:02
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto
Arief Kamaludin|KATADATA
Direktur Utama Pertamina, Dwi Sucipto

KATADATA – Rencana pemerintah untuk memungut cukai dari Bahan Bakar Minyak (BBM) mendapat penolakan dari PT Pertamina (Persero). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini menganggap penerapan cukai untuk BBM sangat tidak tepat.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan penerapan cukai biasanya untuk mendorong agar masyarakat tidak mengkonsumsi komoditas tertentu. Sementara BBM masih perlu dikonsumsi masyarakat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. “Saya pikir mestinya jangan dipungut karena ini kebutuhan masyarakat,” kata Dwi akhir pekan lalu.

Di tengah kondisi ekonomi saat ini, masyarakat justru membutuhkan komoditas energi, BBM atau gas yang terjangkau. Pemerintah memang berencana akan menurunkan harga BBM bulan depan. Nantinya dengan penerapan cukai, dikhawatirkan harga BBM tersebut akan kembali naik. (Baca: Pemerintah Berencana Kenakan Cukai BBM dan Plastik

Saat ini pemerintah sedang menggodok rencana penerapan cukai tersebut. Selain untuk menambah penerimaan negara, BBM dianggap sebagai barang yang dapat merusak lingkungan. Sehingga pemakaian sumber energi ini harus dikurangi. 

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara mengatakan rencana pengenaan cukai untuk komoditas energi ini terlebih dulu dikonsultasikan dengan DPR. Selain cukai, pemerintah juga berencana mengenakan pajak karbon atau carbon tax untuk tiap liter BBM yang dibeli masyarakat.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...