Pemerintah Rancang Desain Baru Pengelolaan Hulu Migas

Arnold Sirait
25 Mei 2016, 17:54
Darmin Sudirman
Katadata

Pemerintah tengah merancang desain baru pengelolaan minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Dengan desain baru diharapkan bisa menarik minat investor di tengah rendahnya harga minyak dunia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, harga minyak rendah sejak dua tahun terakhir ini telah menyebabkan kegiatan investasi migas merosot tajam. Bahkan sejak 2000 silam, produksi minyak di Indonesia terus menurun.

Menurut Darmin, iklim investasi yang tidak menarik di sektor migas bukan semata disebabkan turunnya harga minyak dunia. Desain dasar kebijakan pemerintah  selama ini  juga berperan penting terhadap investasi di hulu migas. Untuk itu, dia menilai pemerintah perlu merombak kebijakannya.

Pemerintah sebenarnya telah melakukan sejumlah langkah reformasi, seperti merombak struktur anggaran negara dengan menghapus subsidi bahan bakar minyak (BBM). Tahun lalu, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), juga menyederhanakan perizinan melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

(Baca: Kementerian Energi Permudah Izin untuk Dongkrak Cadangan Migas)

Namun, berbagai langkah itu sepertinya belum  mampu menggerakkan investasi di sektor hulu migas. “Tidak cukup hanya penyederhanaan izin. Tapi perlu masuk sampai desain dasar,” kata Darmin saat membuka acara IPA  Convex 2016 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (25/5).

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...