Jokowi Ramal Swasembada Daging Tercapai 10 Tahun Lagi

Safrezi Fitra
21 Juni 2016, 18:45
Jokowi
Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi meninjau peternakan sapi PT Karya Anugerah Rumpin di Cibodas, Bogor, Selasa (21/6)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan butuh proses yang panjang bagi Indonesia untuk mencapai swasembada daging sapi. Dia memperkirakan swasembada daging sapi baru bisa tercapai dalam 10 tahun ke depan.

Untuk mencapai target tersebut, terlebih dahulu dilakukan program pembibitan sapi potong yang berkualitas. Dia mengatakan pembibitan merupakan sebuah program jangka panjang yang diharapkan dapat mengantarkan Indonesia menuju swasembada daging. Program pembibitan ini diperkirakan akan dapat diselesaikan dalam jangka waktu hingga 10 tahun ke depan.

Advertisement

(Baca: BPK Temukan Kebijakan Pangan Nasional Bermasalah)

“Karena kita harus menyeleksi untuk mendapatkan sapi-sapi yang mempunyai performa yang bisa dipakai untuk menghasilkan sperma, yang nantinya dibagi-bagikan baik kepada industri maupun kepada petani," kata Jokowi saat mengunjungi peternakan sapi PT Karya Anugerah Pumpin di Cibodas, Bogor, hari ini (21/6). Perusahaan ini diklaim telah sukses mengembangkan pembibitan sapi lokal unggul yang berkualitas.

Mengenai teknologi pembibitan sapi yang telah dimiliki Indonesia saat ini, dia berpendapat sudah baik dan berada pada jalurnya. Tinggal konsistensi semua pihak menjalankan program ini dan mengeluarkan semua potensi ada. Ini merupakan kunci keberhasilan program pembibitan yang akhirnya mengarah pada swasembada daging sapi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement