Wijaya Karya Siapkan Tiga Proyek Tol untuk Tampung Dana Repatriasi

Maria Yuniar Ardhiati
29 Juli 2016, 15:45
Wika
Katadata | Arief Kamaludin

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. menyatakan siap menampung dana yang masuk ke dalam negeri (repatriasi) dari program pengampunan pajak atau tax amnesty. Saat ini perseroan sedang menyiapkan tiga proyek jalan tol untuk menyerap dana tersebut.

“Yaitu ruas tol Manado-Bitung, Balikpapan-Samarinda, dan Soreang-Pasir Koja di Bandung,” kata Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya, Suradi kepada Katadata, Jumat (29/7). Namun, dia belum bisa menyebutkan berapa perkiraan dana yang bisa diserap dari tiga proyek tol ini.

Selain tiga proyek tol tersebut, sebenarnya masih ada proyek tol lain yang bisa menarik minat peserta tax amnesty menginvestasikan uangnya. Beberapa diantaranya adalah tol Serang-Panimbang di Banten dan Cisumdawu di Jatinangor, Jawa Barat. Saat ini perseroan sedang mengikuti proses lelang untuk kedua ruas tol tersebut.

(Baca: Jokowi Paparkan Proyek-Proyek yang Butuh Dana Tax Amnesty)

Menurutnya proyek-proyek tol tersebut berpeluang menyerap dana repatriasi karena memiliki margin keuntungan yang cukup baik. Wijaya Karya pun akan menjelaskan dan berusaha meyakinkan calon investor mengenai hal ini.

Wijaya Karya juga akan menyiapkan dua skema untuk menyerap dana repatriasi ini, yakni berupa pinjaman dan ekuitas. Usulan skema ini sudah diajukan kepada pemegang saham, yakni Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...