Pemerintah Finalisasi Revisi Aturan Cost Recovery dan Pajak Hulu Migas

Anggita Rezki Amelia
23 Agustus 2016, 18:57
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Pemerintah sedang menyelesaikan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2010. Aturan ini berisi tentang biaya operasi yang dapat dikembalikan (cost recovery) dan pajak penghasilan di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi (migas).

Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan revisi aturan tersebut sudah hampir final. Kemungkinan pekan depan draf PP yang baru sudah selesai dan tinggal ditandatangani Presiden Joko Widodo.

“Tadi sudah sepakat tinggal ada perbaikan, sekarang tim kecil bekerja. Jumat nanti saya akan dilaporkan lagi, kalau selesai kami proses dan akan teruskan pada Presiden,” kata dia usai rapat, Selasa (23/8). (Baca: Jokowi Dorong Revisi Aturan Cost Recovery dan Pajak Hulu Migas)

Rapat ini dilakukan antara pemerintah dengan kontraktor di Kantor Menteri Koordinator Bidang Maritim. Selain perwakilan Kementerian ESDM, hadir juga perwakilan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, SKK Migas dan Indonesia Petroleum Association (IPA).

Dia mengatakan ada enam sampai tujuh poin yang akan direvisi dari PP tersebut. Tujuannya agar investasi di sektor hulu migas bisa lebih menarik. Hasil rapat tersebut hanya tinggal menunggu respons dari pelaku usaha.

Grafik: Investasi Hulu Migas 2004-2014
Investasi Hulu Migas 2004-2014

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan setidaknya ada tiga tujuan dari revisi aturan tersebut. Ketiganya adalah memberi kepastian hukum, meningkatkan iklim investasi, dan penataan mengenai sistem fiskal dan perpajakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...