Pertamina - Petronas Jalin Kerjasama Eksplorasi dan LNG

Anggita Rezki Amelia
24 Agustus 2016, 10:45
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) menjalin kerjasama di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) dengan perusahaan migas asal Malaysia, Petronas. Kerjasama itu meliputi kegiatan eksplorasi, pengembangan dan produksi dari sumber daya migas. Selain itu, kedua perusahaan BUMN berbeda negara tersebut juga tengah menjajaki kerjasama dalam bisnis gas alam cair (LNG).

Jalinan kerjasama ini ditandai oleh penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama atau Memorandum of Cooperation (MOC) oleh Senior Vice President Upstream dan Development Pertamina Denie S Tampubolon dan disaksikan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, Selasa (23/8). Sedangkan pihak Petronas diwakili oleh Senior Vice President Upstream Development and Production Petronas, Mohamad Johari Dasri. 

Advertisement

(Baca: SKK Migas: Pertamina Akan Beli Dua Kargo Gas Lapangan Bangka)

“Kerjasama tersebut sebagai usaha untuk mempererat hubungan bisnis keduanya, baik sebagai penjual atau pembeli di kawasan Asia Tenggara,” berdasarkan keterangan resminya, Selasa (23/8). Ini juga peluang untuk menghadapi tantangan di tengah harga minyak dunia saat ini.

Sementara itu, Denie mengatakan kerjasama tersebut masih bersifat umum. Jadi, belum ada blok migas yang secara spesifik akan digarap oleh kedua perusahaan migas tersebut. (Baca: Pertamina Targetkan Punya Hak Kelola Blok Migas di Rusia Tahun Ini)

Pertamina dan Petronas masih berusaha mengidentifikasi peluang atau aset yang akan dikerjasamakan. “Kami akan intensif mencari area yang prospektif, demikian juga untuk trading LNG. Kami akan sama-sama review peluang yang ada,” kata dia kepada Katadata, Selasa (23/8).

Di sisi lain, Pertamina mulai mengimpor LNG untuk mengantisipasi ancaman defisit gas yang diprediksi pada 2019. Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, Pertamina sudah menandatangani beberapa kontrak pembelian LNG dari sejumlah perusahaan di luar negeri. Perusahaan tersebut yakni Woodside Petroleum Ltd., dan Total.

(Baca: Terancam Defisit, Pertamina Mulai Impor LNG)

Di sektor hulu migas, Pertamina juga gencar mencari blok yang akan dikelola. Di luar negeri, Pertamina tengah menjajaki blok migas di Rusia dan Iran. Sementara dalam negeri, sedang mengevaluasi beberapa blok yang akan berakhir masa kontraknya, seperti Blok Sanga-Sanga dan East Kalimantan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement