Hanya Jabat 20 Hari, Luhut Sebut Arcandra Banyak Buat Gebrakan

Anggita Rezki Amelia
1 September 2016, 18:16
Luhut
Arief Kamaludin|KATADATA

Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan beberapa kinerja Menteri Energi sebelumnya, Arcandra Tahar. Meski hanya menjabat 20 hari, Arcandra dianggap sudah melakukan beberapa gebrakan.

Dalam rapat kerja dengan Komisi Energi DPR RI, Luhut mengatakan banyak berdiskusi dengan Arcandra terkait sektor energi. "Banyak penghematan di sana," kata Luhut dalam rapat di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 1 September. (Baca: Arcandra Berpeluang Menjabat Kembali Menteri ESDM).

Ada 16 kebijakan yang sudah diambil oleh Arcandra sejak 27 Juli 2016 hingga 15 Agustus 2016 lalu. Kebijakan ini terbagi menjadi enam topik yakni Bidang Anggaran, Organisasi dan Sumber Daya Manusia. Lalu bidang Minyak dan Gas Bumi, Mineral dan Batubara, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), dan bidang lainnya.

Untuk bidang anggaran, Arcandra sudah mengambil kebijakan untuk mempercepat realiasi anggaran 2016, di mana targetnya lebih dari 90 persen. Kemudian ada juga rasionalisasi perjalanan dinas sebanyak 15 persen dari Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) 2017.

Sementara untuk Bidang Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) ada dua kebijakan. Dua hal tersebut adalah pemantapan fokus capaian kinerja masing-masing unit dan evaluasi penempatan SDM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...