Kementerian ESDM-Komisi VII Sepakat Lifting Minyak 815.000 Bph di 2017

Anggita Rezki Amelia
6 September 2016, 19:20
Blok migas
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Komisi VII DPR menyepakati target lifting atau produksi siap jual minyak 2017 lebih rendah dari 2016. Targetnya hanya 815.000 barel per hari (bph), turun dibandingkan tahun ini yang mencapai 820.000 bph

Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu mengatakan kesepakatan tersebut diambil setelah berunding dengan sejumlah fraksi yang tergabung dalam komisi VII DPR. "Komisi VII DPR setuju dengan lifting minyak di angka 815.000 bph," kata dia di Gedung DPR Jakarta, Selasa (6/9). (Baca: Pemerintah Beri Insentif Melalui Revisi Aturan Cost Recovery)

Menurutnya, target lifting minyak itu merupakan angka yang realistis dengan kondisi yang ada saat ini. Sementara untuk lifting gas, tetap di level 1,15 juta barel setara minyak per hari (bsmph). Ini tidak berubah dengan target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (2016).

Sebenarnya Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan target yang lebih rendah lagi. Eloknya target lifting minyak untuk 2017 ditetapkan sebesar 780.000 barel per hari (bph). Ini sesuai dengan nota keuangan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

Karena sudah disepakati, Kementerian ESDM akan tetap menerima hasil keputusan dari rapat Komisi VII. “Akan kami upayakan, tapi tidak mudah juga. Sudah diputuskan juga," kata Luhut di sela-sela rapat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...