Menkeu: Rasio Tebusan Tax Amnesty RI Terbesar di Dunia

Ameidyo Daud Nasution
29 September 2016, 18:03
Sri Mulyani
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku hingga saat ini perolehan uang tebusan dari program pengampunan pajak (tax amnesty) merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Hal ini disampaikannya saat rapat bersama Komisi XI DPR.

Prestasi ini bukan hanya dari sigi jumlah perolehannya. Dari segi rasio nilai perolehan uang tebusan terhadap produk domestik bruto (PDB) juga merupakan yang tertinggi dibandingkan negara lain yang pernah menerapkan tax amnesty.

Advertisement

"Dengan jumlah tebusan Rp 87 triliun (ditambah tunggakan), itu berarti 0,65 persen dari PDB," kata Sri saat rapat dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Kamis (29/9). (Baca: Deklarasi 20 Persen dari PDB, Tax Amnesty Indonesia Cetak Rekor)

Menurut Sri realisasi program tax amnesty terdekat diraih negara Cili dengan besaran tebusan 0,62 persen. Sedangkan realisasi yang dicapai oleh India hanya mencapai 0,58 persen. Untuk Afrika Selatan porsi tebusan terhadap PDB mencapai 0,17 persen dan Australia sebesar 0,04 persen.

Deklarasi Tax Amnesty
Deklarasi Tax Amnesty (CITA)

"Untuk negara Eropa seperti Italia hanya 0,2 persen dari PDB, Spanyol 0,12 persen, Belgia 0,15 persen dari PDB, serta Jerman hanya 0,04 persen dari PDB," katanya. (Baca: Pemerintah Genjot Tebusan Tax Amnesty UKM pada Oktober)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement