Menko Maritim: Antrean Kontainer di Pelabuhan Belawan Masih Panjang

Safrezi Fitra
3 Oktober 2016, 18:03
Pelabuhan ekspor
Arief Kamaludin | Katadata
Aktivitas bongkar muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Pemerintah menginginkan agar pengurangan waktu tunggu bongkar muat barang (dwelling time) tidak hanya dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok. Ada tiga pelabuhan lain yang menjadi sasaran dari upaya ini, yakni Belawan, Tanjung Perak, dan Makasar.

Akhir pekan lalu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menurunkan tim untuk meninjau langsung kesiapan salah satu pelabuhan yang menjadi target, yakni Belawan. Ternyata kondisi pelabuhan tersebut masih buruk.

“Sabtu kemarin kami kirim tim ke Belawan. Kelihatan antrean kontainer panjang, banyak kendala” ujarnya usai bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/3). (Baca: Jokowi Minta Waktu Bongkar Muat di Pelabuhan Turun Lagi Jadi 2 Hari).

Mendengar hal ini, dia menyatakan akan meminta PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) untuk segera membangun dry port atau pelabuhan darat untuk mencegah penumpukan kontainer yang turun dari kapal. Kemudian membangun double container crane agar pemindahan kontainer bisa lebih cepat.

Menurut Luhut pembangunan infrasruktur penunjang pelabuhan ini tidak hanya ditujukan untuk pelabuhan Belawan. Namun, semua pelabuhan internasional, khususnya empat pelabuhan yang menjadi sasaran penurunan dwelling time

Luhut menyadari ada keterbatasan, salah satunya masalah pendanaan, jika Pelindo membangun infrastruktur ini sendiri. Dia pun menyarankan untuk bekerjasama dengan pihak swasta. Selain bisa membagi risiko dan kebutuhan pendanaan. Kerja sama dengan swasta juga bisa membuat investasi yang dilakukan Pelindo lebih transparan. (Baca: Menhub Usulkan Keputusan Presiden Percepat Waktu Bongkar Muat)

“Kami minta mereka (Pelindo) segera melakukan itu, tidak boleh lagi berlama-lama. Karena dwelling time itu bagian dari pemotongan biaya logistik kita yang mahal,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...