Menteri ESDM Segera Diumumkan, Sudirman Beri Catatan Khusus

Anggita Rezki Amelia
4 Oktober 2016, 14:24
Arcandra Sudirman
Arief Kamaludin (Katadata)

Pelaksana tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengisyaratkan, jabatannya akan segera diisi oleh menteri yang definitif dalam waktu dekat ini. Mantan Menteri ESDM Sudirman Said pun memberikan kriteria dan catatan khusus kepada calon Menteri ESDM tersebut.

Sudirman, yang tak lagi menjabat Menteri ESDM sejak 27 Juli lalu setelah digantikan oleh Arcandra Tahar, menyebut beberapa kriteria untuk memangku jabatan tersebut. Kriteria itu tidak sekadar pintar dan berpengalaman, namun juga harus memiliki integritas dan kejujuran.

Ia pun menyitir ungkapan mantan Wakil Presiden Muhammad Hatta mengenai kriteria seorang pemimpin. “Kalau kurang cerdas bisa diatasi dengan belajar, kurang pengalaman bisa dilatih. Tapi, kalau kurang jujur sudah tidak bisa diapa-apakan,” kata Sudirman, usai menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi ke-71 di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/10) pagi. 

(Baca: Peluang Arcandra Jabat Menteri ESDM Kembali Menguat)

Menurut Sudirman, pemimpin yang memiliki nilai kejujuran, kompentensi, dan mampu menjaga integritas memang dibutuhkan oleh seorang Menteri ESDM. Apalagi, Kementerian ESDM merupakan hulu dari seluruh kegiatan ekonomi. Tanpa ada kelurusan niat, maka segala kerumitan akan susah untuk diurai. “Kalau hulunya jernih, hilirnya ikut jernih. Tapi kalau hulunya keruh, ikut keruh juga,” katanya.

Ia meyakini, calon Menteri ESDM akan diisi oleh orang yang kompeten karena berfungsi sebagai pengambil kebijakan. Apalagi, Tim ESDM ini sangat baik, kuat dan diisi orang-orang profesional. 

Karena itu, Sudirman berharap agar Presiden Joko Widodo segera menunjuk Menteri ESDM yang definitif. Alasannya, sudah hampir dua bulan posisi tersebut belum terisi dan hanya dijalankan oleh Pelaksana tugas. “Saya sangat mengharapkan segera diakhiri ketidakpastian,” ujarnya.

Saat berpidato di tempat yang sama,  Luhut mengisyaratkan tidak akan lama lagi menjabat Plt Menteri ESDM. "Saya mungkin tidak terlalu lama jadi Plt Menteri ESDM. Waktu saya yang sangat singkat ini semoga bisa meninggalkan sesuatu ke saudara semua," katanya. Ia pun berpesan,  agar para pemangku jabatan di Kementerian ESDM  dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin sepeninggalnya dari sektor strategis itu.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...