Uji Coba Berhasil, Kereta Api Akan Berbahan Bakar LNG

Miftah Ardhian
7 Oktober 2016, 17:50
Kereta
Arief Kamaluddin | Katadata

PT Pertamina (Persero) menyatakan kesiapannya memasok gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) sebagai bahan bakar lokomotif kereta api, setelah melalui serangkaian tahap uji coba. Tujuannya agar kereta api dapat mendiversifikasi bahan bakarnya menjadi lebih bersih dan murah.

Vice President of the Liquefied Natural Gas (LNG) Pertamina Didik Sasongko Widi mengatakan, Pertamina bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggagas penggunaan LNG untuk bahan bakar kereta api ini. Dengan jarak tempuh kereta api yang jauh, maka penggunaan LNG dapat lebih hemat dan harga yang ditawarkan pun lebih murah.

Advertisement

Sebagai tahap awal, Pertamina dengan KAI akan melakukan perjanjian komersial. Namun, Didik belum bisa memastikan kapan rencana ini dapat terealisasi. "Belum ditetapkan (pilot project). Tapi sekarang dites di Balai Jasa Jogja. Hasilnya sudah baik dan hari Selasa (11/10) kami mau buat ceremony untuk menunjukkan hasilnya," ujar Didik dalam acara workshop Pertamina, di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (7/10).

(Baca: Luhut Dorong KAI Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri)

Ia menambahkan, rencananya penggunaan LNG untuk kereta api ini dapat dimulai tahun 2018. Pada awal peluncurannya, kebutuhan LNG untuk kereta api ini masih kecil, yakni sekitar 5 mmscfd per hari. Sedangkan, sampai tahun 2020, diperkirakan kebutuhannya akan tetap. Sebab, penggunaan LNG ini akan diterapkan terlebih dahulu pada trayek kereta api jalur pantai utara (Pantura) Jawa.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement