Kementerian Energi Bentuk Tim Khusus Kemudahan Investasi

Anggita Rezki Amelia
26 Oktober 2016, 19:32
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membentuk tim khusus untuk mendorong kemudahan investasi di sektor energi. Tujuannya agar para investor semakin mudah dan tertarik berinvestasi di Indonesia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan menginginkan agar investasi di sektor energi bisa lebih mudah dan cepat. Untuk itu, perlu adanya sebuah terobosan. "Kami bikin tim sendiri, khusus konsentrasi ini untuk kemudahan," kata dia saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Selasa (26/10). (Baca: Izin Sektor Migas Disederhanakan Jadi Enam)

Jonan juga menanggapi terkait kenaikan peringkat kemudahan bisnis di Indonesia ke posisi 91 dunia tahun ini dari sebelumnya 106. Menurut dia, kemudahan bisnis di Indonesia harus terus ditingkatkan, terutama mengenai waktu perizinan. Alasannya untuk berbisnis, investor akan memperhatikan waktu.

Salah satu contohnya adalah proses alih kelola Blok Mahakam. "Itu prosesnya sampai kami setuju dialihkan ke Pertamina itu mungkin 1 tahun. Jadi ini speed-nya ini bisa lebih cepat," kata dia. 

Selain itu, Kementerian ESDM akan menyederhanakan izin di sektor migas. Ke depan, izin migas hanya ada enam, yakni dua perizinan di hulu dan empat perizinan di hilir migas. 

Percepatan kemudahan izin ini sejalan dengan laporan tahunan Doing Business yang diluncurkan Bank Dunia di Washington D.C, Amerika Serikat, Selasa (25/10). Dalam laporan itu, kenaikan peringkat Indonesia disebabkan beberapa faktor, di antaranya penyediaan listrik, penggunaan sistem online, hingga kebijakan satu atap terkait layanan bea dan cukai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...