Pemerintah Bidik Setoran Pajak dan Bea Cukai Naik di Akhir Tahun

Desy Setyowati
31 Oktober 2016, 19:06
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah optimistis penerimaan negara dari pajak dan bea cukai dapat meningkat di akhir tahun ini. Optimisme itu didukung oleh menggeliatnya aktivitas perdagangan dan kenaikan dana tebusan dari program pengampunan pajak (tax amnesty).

Hingga September lalu, penerimaan negara baru mencapai Rp 1.081,2 triliun atau 60,5 persen dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016 sebesar Rp 1.786 triliun. Rendahnya penerimaan tersebut terutama dari penerimaan perpajakan sebesar Rp 896,1 triliun.

Penerimaan perpajakan itu terdiri dari bea dan cukai Rp 103,7 triliun dan pajak Rp 792,4 triliun. Padahal, target penerimaan bea dan cukai tahun ini Rp 183,9 triliun, sedangkan target pajak Rp 1.318 triliun. (Baca juga: Jaga Anggaran Negara, Sri Mulyani Minta Pegawainya Tak Khianat)

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, rendahnya penerimaan karena perdagangan internasional – ekspor dan impor - melambat. Ia berharap, perdagangan meningkat pada November dan Desember nanti, imbas Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

“Volume perdagangan akhir tahun biasanya meningkat, jadi kegiatan importasi itu ada peningkatan. Kami monitor di situ,” ujar Heru di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (31/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...