Tiga Negara Siap Gusur Aramco Garap Kilang Dumai dan Balongan

Anggita Rezki Amelia
4 November 2016, 10:09
Kilang Balongan
Katadata

PT Pertamina (Persero) mendesak Saudi Aramco agar segera memberi kepastian kerjasama pembangunan kilang minyak do Dumai dan Balongan. Jika tidak ada kepastian  sampai batas waktu yang ditentukan, Pertamina siap mencari mitra baru.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto berharap agar perusahaan migas nasional Arab Saudi itu menggarap Kilang Dumai dan Balongan bersamaan dengan Kilang Cilacap. Saat ini, proyek peningkatan kapasitas Kilang Cilacap sudah masuk tahap konstruksi. Sebaliknya, pembangunan Kilang Dumai dan Balongan belum ada kepastian.

"Kalau pembangunannya tidak paralel, kami tentunya akan mencari mitra baru," ujar dia di Jakarta, Kamis (3/11). (Baca: Pertamina Tagih Keseriusan Saudi Aramco di Dua Proyek Kilang)

Setidaknya, ada tiga negara yang sudah tertarik menggarap dua kilang tersebut, yakni perusahaan yang berasal dari Oman, Thailand, dan Korea Selatan. Namun, Pertamina masih  menunggu sampai dengan berakhirnya kesepakatan atau head of agreement (HoA) dengan Saudi Aramco yakni pada akhir November ini.

Kalaupun tidak ada investor yang tertarik, Pertamina tidak menutup kemungkinan mengerjakan dua proyek kilang tersebut sendirian. Apalagi, hal itu pernah dilakukan Pertamina saat membangun kilang minyak di Balikpapan. Jika mengerjakan sendiri,  pendanaan dari kas internal perusahaan sebesar 30 persen dari nilai proyek. Sedangkan, sisanya akan ditutup dari pinjaman.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...