Bappenas: Ada Peluang Ekspor Listrik dari PLTU Mulut Tambang

Ameidyo Daud Nasution
8 November 2016, 18:00
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro melihat adanya peluang Indonesia bisa menjadi eksportir listrik. Terutama listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) mulut tambang.

Potensi ekspor ini terlihat pada PLTU mulut tambang yang ada di Sumatera Selatan. Dari pembangkit ini, Indonesia bisa mengekspor listrik ke Semenanjung Malaysia, Singapura, hingga Thailand. Salah satu hal yang mendukung kemampuan ekspor dari pembangkit ini adalah harga listrik yang dihasilkan relatif murah dibandingkan negara-nagara tetangga di Asia Tenggara.

Advertisement

"Logikanya kita bisa jadi eksportir, salah satunya dari PLTU mulut tambang," katanya dalam pidato permulaan rangkaian acara "ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum" di hotel Shangri-la, Jakarta, Selasa (8/11). 

(Baca: Jokowi: Wilayah Papua Akan Terang Benderang pada 2019)

Meski demikian, Bambang mengingatkan sebelum mengupayakan untuk ekspor, Indonesia harus bisa memastikan kebutuhan listrik nasional sudah bisa terpenuhi. Setidaknya, jika ekspor dilakukan dari PLTU di Sumatera Selatan, kebutuhan listrik di Pulau Sumatera harus tercukupi terlebih dahulu.

Selain ekspor, sebenarnya potensi listrik untuk dalam negeri juga sangat besar. Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang paling banyak. Ini menunjukkan pasar Indonesia sangat besar dibandingkan ASEAN.

Dengan pasar yang besar dan sumber daya yang melimpah, Indonesia nyatanya masih belum bisa mencukupi kebutuhan listriknya sendiri. Dia mencontohkan daerah Kalimantan Barat yang masih mengandalkan impor listrik dari Serawak, Malaysia.

Padahal potensi untuk membangun pembangkit mulut tambang di sekitar wilayah tersebut sangat besar. Mengingat sebagian besar tambang batu bara ada di Kalimantan. Makanya, Bambang mengajak para investor menanamkan modalnya membangun pembangkit, khususnya PLTU mulut tambang di dalam negeri. "Bagi swasta saya pikir sangat mudah melakukan ini," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement