Enam Sasaran Pembangunan Infrastruktur dalam APBN 2017

Safrezi Fitra
8 November 2016, 09:49
Proyek LRT
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah telah mengalokasikan dana cukup besar untuk pembangunan infrastruktur dalam dua tahun terakhir. Tahun depan, pemerintah juga telah menambah alokasi anggaran untuk sektor ini sebesar Rp 70,2 triliun dari anggaran tahun ini.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017, pemerintah mengalokasikan Rp 387,3 triliun untuk anggaran infrastruktur. Kementerian Keuangan menyebutkan ada enam sasaran utama infrastruktur yang akan dibangun dari anggaran tahun depan

Advertisement

Enam infrastruktur ini adalah, pertama, pembangunan jalan sepanjang 815 kilometer (km). Kedua, pembangunan jembatan sepanjang 9.399 meter. Ketiga, pembangunan 13 bandar udara (bandara) baru maupun lanjutan. (Baca Ekonografik: 101 Proyek Jokowi untuk Perlancar Konektivitas)

Keempat, pembangunan dan pengembangan fasilitas pelabuhan laut di 55 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kelima, pembangunan jalur kereta api tahap I dan lanjutan sepanjang 550 kilometer spoor (km’sp). Keenam, pembangunan terminal penumpang lanjutan di tiga lokasi.

Sebagian anggaran negara untuk pembangunan infrastruktur ini, tersebar dalam belanja kementerian dan lembaga. Beberapa yang terbesar adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian ESDM. Kemudian melalui institusi-institusi yang bisa meningkatkan kemampuan sektor swasta untuk ikut membangun infrastruktur.

“Kami juga melakukan transfer ke daerah untuk belanja infrastruktur, maupun dana alokasi khusus,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan di situs resminya, Senin (7/11).

(Baca: Pemerintah Tawarkan 8 Proyek Infrastruktur Besar ke Asing)

Selain mengandalkan anggaran negara, pemerintah juga akan mendorong keterlibatan swasta untuk pembangunan infrastruktur ini. Agar swasta bisa tertarik, pemerintah akan menyediakan skema viability gap fund

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement