Kemenhub Tawarkan 10 Proyek Infrastruktur Trasportasi ke Swasta

Ameidyo Daud Nasution
16 November 2016, 20:27
Bandara udara
Katadata

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya membangun infrastruktur transportasi tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Setidaknya ada 10 proyek infrastruktur Kemenhub yang akan dikembangkan dengan pendanaan swasta.

Sepuluh proyek tersebut adalah pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung, bandara baru di Bali, bandara Karawang, pengembangan terminal bus Tirtonadi Solo dan terminal bus Mengwi (Bali). Kemudian pembangunan pembangunan kereta api express bandara Soekarno Hatta, kereta api Kertapati-Simpang-Tanjung Api Api, kereta akses bandara Adi Soemarmo Solo, kereta cepat Jakarta - Surabaya, serta angkutan masal perkotaan.

(Baca: Pemerintah Minta Jepang Danai Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ruang gerak APBN sangat terbatas. Pembangunan infrastruktur tidak bisa hanya mengandalkan anggaran negara. Makanya dia membuka ruang bagi swasta untuk bisa terlibat lebih banyak dalam menggarap proyek infrastruktur, terutama yang nilai keekonomiannya tinggi.

"Kami tidak jual ke swasta tapi beriringan jalannya," kata Budi yang ditemui saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perhubungan di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (16/11).

Dalam keterangan Kemenhub, Budi juga telah membentuk Tim Pendanaan Investasi Infrastruktur Perhubungan melalui Keputusan Menteri (Kepmen) Perhubungan Nomor KP. 590 Tahun 2016. Tim khusus ini nantinya akan menyiapkan proyek-proyek transportasi apa saja yang siap dibiayai dengan skema non APBN.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...