Pemerintah Minta Jepang Danai Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Miftah Ardhian
11 November 2016, 19:22
No image
Suasana ekspo Jaringan Kereta Cepat Negara Tiongkok di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Pameran menampilkan beragam jenis kereta cepat dan pembangunan stasiun kereta yang telah dipergunakan di negara Tiongkok yang rencananya juga akan di pergunak

Pemerintah masih belum memutuskan kepastian pembangunan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Jepang, sebagai kandidat terkuat yang akan membangun proyek ini harus memenuhi syarat-syarat yang diberikan pemerintah, terutama dari segi pembiayaan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Jepang mendapatkan preferensi dari pemerintah untuk membangun proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya ini. Namun, mereka harus memenuhi semua persyaratan yang akan diajukan oleh pemerintah, terutama terkait pembiayaan.

Advertisement

(Baca: Jepang Berpeluang Besar Garap Kereta Cepat Jakarta – Surabaya)

"Syarat-syarat pembiayaan kami harapkan swasta yang ada di sana. Itu yang menjadi salah satu persyaratan," ujar Budi saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (11/11).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengakui Jepang memiliki preferensi yang besar dari pemerintah untuk membangun proyek tersebut. Akan tetapi pemerintah belum memutuskan sepenuhnya, apakah Jepang yang akan menggarap proyek ini.

(Baca: Ke Jepang, Luhut Kantongi Proyek Hingga Rp 130 Triliun)

"Kalau (pembiayaan) untuk kereta (semi cepat Jakarta-Surabaya) ini masih dibicarakan. Apakah menggunakan skema pinjaman biasa, proyek pemerintah, atau keterlibatan swasta," ujar Bambang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement