Kalahkan Petronas, Laba Pertamina Tembus Rp 40 Triliun

Miftah Ardhian
14 Desember 2016, 11:09
No image

PT Pertamina (Persero) siap mengalahkan kinerja Petronas. Laba bersih Pertamina hingga akhir tahun nanti hampir dipastikan bakal melebihi perolehan perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Malaysia tersebut. Pencapaian Pertamina itu ditopang oleh kenaikan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi.

Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, perolehan laba Pertamina hingga kuartal II lalu sebenarnya sudah mengalahkan Petronas. Per akhir Juni lalu, Pertamina memperoleh laba sebesar US$ 2,38 miliar. Sedangkan Petronas hanya bisa mencetak laba US$ 1,6 miliar.

(Baca: Pertamina Tambah Investasi 2017 Jadi Rp 80 Triliun)

Adapun, sampai Oktober lalu, laba Pertamina telah mencapai US$ 3,01 miliar atau sekitar Rp 40 triliun. Meskipun Ahmad belum mengetahui laba Petronas pada periode yang sama. Ia juga belum bisa memperkirakan total laba Pertamina sampai akhir tahun ini.

Yang jelas, Ahmad mengklaim, raupan laba Pertamina hingga Oktober lalu itu telah melebihi target perolehan laba tahun ini yang sebesar US$ 1,5 miliar. Artinya, perolehan laba Pertamina tahun ini bakal melonjak lebih dua kali lipat dari target awal. “Akhir tahun Insya Allah bisa lebih baik (dari Petronas),” katanya di Jakarta, Selasa malam (13/12).

Salah satu faktor pengerek laba Pertamina tahun ini adalah penjualan BBM nonsubsidi, khususnya Pertalite. BBM dengan kandungan RON 90 itu terbukti menyita banyak perhatian masyarakat. Sebagian masyarakat beralih dari konsumsi BBM jenis Premium ke produk tersebut.

(Baca: Rini Pesimistis Holding BUMN Migas Terbentuk Akhir 2016)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...